Buah Manggis Sebagai Obat Anti Penuaan Dini

catatanbudheagus.blogspot.com - Buah manggis merupakan buah yang berwarna merah keunguan ini mempunyai rasa yang sangat enak dan nikmat....


catatanbudheagus.blogspot.com - Buah manggis merupakan buah yang berwarna merah keunguan ini mempunyai rasa yang sangat enak dan nikmat. Jadi sudah tidak heran lagi jika banyak sekali orang yang menyukai buah ini. Buah manggis mempunyai nama Latin Gracinia Mangostana yang pohonnya merupakan pohon yang hijau alami dan abadi yang biasanya pohon manggis ini bisa tumbuh didaerah yang beriklim tropis. Pada saat sudah masak, kulitnya berwarna merah keunguan dan kadang berwarna kecokelatan.

Dengan adanya kandungan antioksidan yang cukup tinggi inilah yang membuat buah manggis bermanfaat baik untuk kesehatan kita.Manggis juga merupakan salah satu buah yang bisa bertahan lama (tidak busuk) walaupun buah ini tergeletak ditanah dalam waktu yang cukup lama. Buah yang satu ini dinyakini kaya akan berbagai kandungan yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Dan salah satu kandungan yang terbaik adalah kandungan anti-oksida alami yang cukup tinggi.

Kulit Buah manggis matang memiliki ciri warna merah tua atau hampir masuk ke ungu-unguan dengan daging berwarna putih. Buah ini juga masih tergolong kedalam pasangan dari buah durian ‘king of fruits’, hal ini dikarenakan buah manggis mempunyai julukan atau sapaan nama ratunya buah-buahan ‘queen of fruits’.

Buah Manggis Menurut Penelitian


Para ilmuan atau ahli kesehatan juga telah melakukan banyak penelitian mengenai buah yang satu ini, baik dari kulit buahnya ataupun daging buah manggis sendiri, dan dari berbagai riset itu ternyata disimpulkan bahwa manggis memang memiliki banyak sekali kandungan-kandungan yang ber manfaat untuk tubuh kita.
Buah manggis terdiri dari tiga bagian utama: kulit keras yang berwarna ungu , daging berwarna putih yang dapat dimakan, serta biji yang terbungkus daging. Biji buah rasanya sangat pahit , sementara dagingnya memiliki aroma dan tekstur yang lembut dengan rasa asam manis . Kulit terluar atau kulit buah manggis (pericarp) agak keras , namun dapat dibuka dengan mudah . Sementara jika biji manggis rasanya pahit dan tak bisa dimakan, namun kulit buah manggis yang keras ini sekarang banyak dijual sebagai produk ekstraksi yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam kanker. 

Hal ini menurut penelitian, bahwa jus ekstrak kulit buah manggis mengandung senyawa xanthone yang dipercaya sebagai antioksidan yang berkhasiat. (untuk kahsiat kulit manggis, kita akan bahas diartikel selanjutnya) Kandungan Gizi buah Manggis: Buah manggis juga menguntungkan karena memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Selain sebagai buah yang lezat , manggis adalah termasuk sumber yang kaya serat dan karbohidrat. Kandungan tinggi yang ada dalam buah tropis ini adalah vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium dan kalium. Buah ini juga merupakan sumber vitamin B kompleks yang cukup tinggi, diantaranya seperti thiamin , niacin dan asam folat. Vitamin ini bertindak sebagai kofaktor yang membantu tubuh untuk metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.
Satu cangkir buah manggis sajian kalengan menyediakan 143 kalori . Buah manggis juga terkenal paling banyak memiliki sumber xanthones (terutama kulitnya) Buah manggis adalah gudang nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, sehingga memiliki beragam khasiat manfaat berikut ini:

1. Antioksidan

Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa Manggis mengandung senyawa polifenol alami yang dikenal dengan xanthones . Ada dua jenis xanthones yang terdapat dalam buah ini – yaitu alpha dan gamma. Xanthone dan turunannya telah terbukti memiliki beberapa khasiat, seperti anti – inflamasi, serta obat yang efektif terhadap berbagai penyakit kardiovaskular . Senyawa Antioksidan ini memiliki sifat dasar untuk meregenerasi sel yang telah rusak oleh radikal bebas , sehingga efeknya dapat memperlambat penuaan, menangkal berbagai penyakit degeneratif serta kerusakan fisik dan mental .

2. Rendah Kalori

Diet menurunkan berat badan Buah manggis sangat rendah kalori ( 63 kalori per 100 g ), serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Dan hebatnya , manggis juga kaya akan serat ( 100 g menyediakan sekitar 13 % dari nilai kebutuhan harian disarankan) . Sehingga buah ini juga sangat penting bagi individu yang peduli dengan berat badan berlebih .

3. Vitamin C 

Manggis kaya akan vitamin C , mengandung sekitar 12 % dari total kebutuhan harian disarankan per 100g buah. Menjadi air yang kuat anti oksidan larut . Vitamin C berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga virus penyebab flu dan demam akan menyingkir dari tubuh kita. Vitamin C juga dikenal sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas berbahaya. Oleh karena itu mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C sangat penting untuk mengembangkan perlawanan terhadap penyakit. Vitamin C dalam buah manggis juga efektif terhadap katarakn, yaitu dengan meningkatkan jumlah aliran darah ke mata .1000mg dosis Vitamin C per hari dikatakan efektif untuk membatasi katarak dan meningkatkan penglihatan .

4. Folat 

Folat yang juga ditemukan dalam buah manggis memainkan peran penting dalam pembentukan sel-sel baru dalam tubuh dan perkembangan janin. Sehingga buah manggis juga sangat baik dikonsumsi selama kehamilan, dan sekaligus akan melindungi bayi dari cacat tabung syaraf.

5. Melancarkan aliran darah

Bantu Manggis juga mempromosikan pembentukan sel darah merah, sehingga berkhasiat untuk mencegah anemia. Selain itu, buah ini juga berkhasiat untuk meningkatkan aliran darah dengan jalan membantu pelebaran pembuluh darah. Hal ini yang akan membantu melindungi kita dari berbagai penyakit seperti aterosklerosis , kolesterol , jantung , darah tinggi dan nyeri dada yang parah .

6. Mengurangi Kolesterol 

Diet kaya manggis akan sangat membantu mengurangi tingkat kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Hal ini juga dapat membantu untuk mengontrol tingkat trigliserida, untuk kerja organ hati manusia yang tepat .

7. Tuberkulosis 

Buah manggis juga mengandung sifat antibakteri dan antijamur yang kuat, serta sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian dapat membuat tindakan penghambatan terhadap bakteri berbahaya, dan efektif untuk pasien yang menderita TBC .

8. Kanker

Antioksidan yang ditemukan dalam buah manggis dapat membantu mencegah kanker dan beberapa penyakit kardiovaskular. Seperti dikakan sebelumnya, manggis adalah sumber kaya akan antioksidan kuat xhantone alami, yang dapat membantu melawan kanker.

9. Tekanan darah 

Manggis mengandung jumlah mineral yang tinggi , seperti tembaga, mangan dan magnesium. Kalium dalam manggis akan memberikan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner karena merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh dan mengontrol detak jantung dan tekanan darah .

10. Anti – inflamasi

Manggis mengandung sifat anti – inflamasi, sehingga sangat berkhasiat bagi orang yang sakit linu akibat radang. Mengkonsumsi manggis dua sampai tiga kali sehari akan membantu untuk meringankan rasa sakit akibat peradangan.

11. Alzheimer

Manggis sangat efektif untuk mencegah dan menghambat penyakit Alzheimer. Penyakit ini disertai dengan gejala seperti bingung dan kesulitan dalam mengingat sesuatu . Biasanya didertita oleh para kaum manula, dan umumnya sangat mengganggu pasien dan orang disekitarnya.

Khasiat manggis untuk kecantikan dan Kulit

Jerawat

Manggis memiliki sifat antibakteri dan senyawa antimikroba alami, yang sangat efektif dapat mengobati berbagai masalah umum pada kulit seperti Jerawat , noda hitam kulit , kulit berminyak dan kulit kering.

Perbaikan sel 

Senyawa xanthon dalam kulit manggis adalah yang tertinggi, ini juga dapat memperbaiki dan melindungi sel dalam tubuh. Dengan demikian, kulit akan selalu terjaga kesehatannya untuk menjaga penampilan segar dan awet muda.

Berat badan

Manggis akan membantu untuk mencegah kenaikan berat badan, yaitu dengan cara membantu membakar lemak . Xanthones dalam kulit manggis juga membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini juga rendahnya kandungan lemak dan kalori.

Penyakit gusi 

Manggis juga dapat bertindak melawan penyakit gusi yang dikenal sebagai periodontitis. Gel manggis dapat membantu untuk menyembuhkan masalah pada gusi .

Menstruasi 

Manggis bisa berkhasiat mengurangi gejala PMS(sindrom selama menstruasi), seperti pusing, perubahan mood , hipertensi , dll. Ramuan akar manggis telah lama diyakini dapat mengatur menstruasi .

Anti – Penuaan Dini

Penuaan muncul karena oksidasi. Antioksidan seperti katekin ( antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau membantu untuk memerangi radikal bebas. Oleh karena itu, mulai mengkonsumsi manggis untuk terlihat lebih muda .

Meningkatkan energi

Buah ini juga dapat membuat kita merasa segar dan berenergi sepanjang hari. Nutrisi yang terdapat akan membantu terlihat lebih segar dan awet muda, dan memberikan dorongan energi .

Infeksi virus  

Xanthone dalam manggis memiliki kemampuan alami untuk menyerang infeksi jamur dan virus. Sehingga juga membantu untuk menyingkirkan karsinogen tertentu yang menyerang kulit Anda .
Peringatan Jus kulit manggis bisa membuat kulit akan terasa lebih kencang , namun bagi Ibu hamil harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi nya. Hal ini mungkin bisa membahayakan janin dalam kandungan.
Demikian beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi buah manggis secara teratur maka akan dapat memperbaiki sel-sel imun pada tubuh agar tubuh anda terhindar dari serangan penyakit. Selain itu masih banyak lagi manfaat buah manggis ini. Selain dari buahnya, dari kulit buah manggis ini pun juga mempunyai banyak sekali manfaatnya. Semoga bermanfaat.
Referensi :
http://www.manfaatbuahdaun.com/
http://www.fashionsehat.biz/
http://www.carakhasiatmanfaat.com/



Artikel Terkait

Umum 1307495414645837321

Posting Komentar

emo-but-icon

Media Sosial

Paling dibaca

Sponsor

Text Widget

Connect Us

item