Khasiat Buah Alpukat Yang Baik Untuk Kesehatan dan Diet Alami

catatanbudheagus.blogspot.com - Buah alpukat (avocado) atau dalam bahasa ilmiahnya Persea americana adalah salah satu buah yang tak as...


catatanbudheagus.blogspot.com - Buah alpukat (avocado) atau dalam bahasa ilmiahnya Persea americana adalah salah satu buah yang tak asing lagi disekitar kita. Buah yang berwarna hijau dengan bentuk menyerupai perut ibu hamil ini ternyata menyimpan sejuta khasiat. Tidak hanya untuk ibu hamil saja namun juga untuk mata, wajah dan lain sebagainya.

Buah alpukat sendiri merupakan buah lokal yang sangat mudah ditemui disekitar. Dengan tekstur yang lembut ternyata membuat buah ini menjadi idaman anak-anak hingga dewasa. Apalagi buah yang satu ini ternyata memiliki manfaat yang tidak sedikit. Manfaat buah alpukat dapat dilihat dari segi kesehatan, kecantikan dan segi lainnya. Disamping manfaatnya yang begitu banyak, rasa yang dimiliki buah ini juga tergolong sangat nikmat untuk orang dewasa dan juga untuk anak-anak.

Kandungan pada satu buah alpukat 



Kandungan alpukat atau avokad yang sejauh ini telah diketahui adalah potasium, lutein, dan folat. Aneka vitamin seperti vitamin B, C, E dan lainnya juga terdapat dalam buah yang biasa dijadikan minuman jus ini. Kelebihan lainnya adalah rendah akan kandungan gula, namun kaya akan serat. Walaupun buah ini tinggi lemak, namun tetap aman bila dikonsumsi secara tidak berlebihan karena lemak yang dikandungnya adalah lemak baik, yaitu lemak tak jenuh tunggal.
Lemak sehat

Jangan salah, lemak yang ada di alpukat adalah lemak baik, porsinya mencapai sekitar tiga perempat dari jumlah kalori dari buah alpukat. Artinya lemak memiliki kandungan yang cukup tinggi dalam buah alpukat ini. Kandungan lemaknya adalah lemak tak jenuh tunggal, dalam bentuk asam oleat. Lemak tak jenuh tunggal yang dianggap sebagai lemak baik yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, menurunkan risiko stroke dan jantung disease.
  • Protein

 Setiap alpukat terdiri dari sekitar 4 gram protein, kandungan ini jauh lebih banyak dibandingan dengan buah lain.

  • Gula

Gula dalam buah ini nilainya cukup kecil, sebelah buah alpukat terdiri dari 0.2 g gula, jadi tidak terlalu berbahaya untuk anda yang khawatir akan gula darah.

  • Vitamin dan Mineral

Seperti buah lainnya, tentu alpukat juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi. Ia mmiliki kandugnan kalium (Kandungannnya lebih besar daripada pisang). Selain itu, alpukat kaya akan vitamin K, vitamin B9, vitamin B6, vitamin B5 vitamin C, dan vitamin E.2

  • Serat

Buah yang berukuran sedang mengandung 11 gram serat, hampir setengah dari serat harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat alpukat untuk kesehatan tubuh manusia.


  •     Mengurangi risiko kanker

Mereka yang memiliki kadar asam folat di bawah tingkat ideal bisa memiliki risiko terkena kanker payudara lebih besar, terutama bagi kaum hawa. Hal inilah yang membuat asam folat diprediksi mampu melindungi diri dari risiko kanker serviks, usus besar, lambung, dan pankreas. Kemampuan asam folat dalam melindungi diri dari serangan kanker mungkin terkait fungsi zat ini dalam mencegah mutasi di dalam susunan DNA dan RNA.

Senyawa lain yang ada di dalam alpukat adalah karotenoid. Ini adalah senyawa antioksidan yang mungkin memiliki kemampuan sebagai antikanker. Karotenoid menjadi lebih mudah diserap tubuh karena alpukat juga mengandung lemak sehat yang larut. Hal ini kian memudahkannya diserap ke aliran darah sehingga mampu memberikan perlindungan bagi tubuh secara lebih cepat dan lengkap. Beberapa kanker yang mungkin bisa dicegah dengan karotenoid adalah kanker prostat, mulut, lambung, dan payudara.
  •     Baik untuk penderita osteoarthtritis

Buah alpukat yang diekstrak dengan minyak kedelai atau biasa disebut dengan Avocado Soybean Unsaponifiables (ASU) memiliki kemungkinan manfaat bagi penderita osteoarthritis. Produk tersebut diklaim mampu mengurangi rasa sakit dan cacat keseluruhan pada penderita osteoarthritis pada bagian panggul atau lutut.

  •     Berguna untuk mencegah osteoporosis

Vitamin K di dalam buah alpukat tersedia dalam jumlah yang cukup banyak. Sekitar 25 persen kebutuhan tubuh akan vitamin K bisa terpenuhi hanya dengan mengonsumsi setengah alpukat. Keberadaan vitamin K dalam buah ini mungkin bisa menjadikan tulang memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik. Hal ini sangat mungkin mengingat salah satu kegunaan vitamin K adalah meningkatkan penyerapan kalsium dan mampu mengurangi pengeluaran kalsium melalui urine.
  •     Menurunkan kolesterol jahat

Mengonsumsi alpukat dianggap baik untuk tubuh karena kandungan kolesterol baik dalam buah ini melimpah. Meski dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik, mengonsumsi alpukat tidak membuat kadar kolesterol jahat atau HDL dalam tubuh meningkat juga. Hal ini tidak mengherankan mengingat kandungan lemak dalam alpukat berbentuk lemak tak jenuh tunggal. Yang harus digarisbawahi adalah jangan mengonsumsi buah ini secara berlebihan.
  •     Baik untuk menjaga berat badan dan kesehatan jantung

Orang dewasa yang mengonsumsi alpukat kemungkinan memiliki kesehatan yang lebih baik dibandingkan yang tidak suka mengonsumsinya. Mereka yang mengonsumsi buah ini biasanya memiliki pola makan yang juga sehat, seperti rajin makan sayuran dan diet rendah gula. Hal ini berpengaruh kepada kestabilan berat badan, lingkar pinggang, dan massa indeks tubuh. Konsumsi alpukat juga baik bagi sistem metabolisme tubuh sehingga mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan diabetes.
Kebaikan alpukat untuk kesehatan jantung juga mungkin signifikan. Hal ini karena buah ini mengandung beta-sitosterol. Kandungan ini berguna bagi tubuh dalam rangka membatasi kadar kolesterol yang sehat.

  •     Baik bagi kesehatan janin

Karena kaya akan folat, buah ini dianggap baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Folat sangat berperan dalam melindungi ibu hamil dari keguguran dan menjauhkan janin dari kemungkinan lahir cacat. Saking pentingnya folat, zat ini juga disarankan untuk dikonsumsi seorang ayah sebelum berhubungan badan. Dengan begitu, kelahiran cacat pada janin makin mungkin dihindari.
  •     Bagus untuk mata

Kandungan lutein dan zeaxanthin dalam alpukat diprediksi baik untuk menjaga kesehatan mata. Kedua zat tersebut yang termasuk ke dalam golongan fitokimia ini bertindak sebagai antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan mata dan meminimalkan risiko terkena degenerasi makula terkait pertambahan usia.
  •     Mengurangi stres

Folat juga dianggap mampu mengurangi risiko terkena depresi. Kandungan ini mampu mencegah kelebihan homosistein di dalam tubuh. Dampak yang lain,  mampu mencegah terblokirnya darah dan nutrisi yang menuju otak. Jika tingkat homosistein dinilai berlebihan, produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepineprin akan terganggu pula. Padahal, ketiga hormon tersebut penting bagi pengaturan suasana hati, pola tidur, dan nafsu makan.

Manfaat Alpukat Lainnya Bagi Tubuh

Manfaat alpukat ini penting untuk kita ketahui untuk menambah wawasan dan mengubah paradigma kita yang salah mengenai manfaat buah alpukat ini. Campuran manfaat madu dan manfaat buah ini akan menambah daya tahan tubuh dan menjadi target awal kita dalam menjaga kesehatan dan mendapatkan tubuh yang segar bugar setiap hari.

Hal terpenting adalah kita dapat memanfaatkan alpukat untuk kesehatan tubuh, manfaat kesehatan diyakini tidak memiliki gantinya, yang menjadikan alpukat adalah sumber kita mengawali hidup sehat.

Alpukat Untuk Diet

Masih banyak khasiat alpukat untuk diet yang dapat kita gunakan agar tidak salah persepsi, umumnya orang bilang alpukat dapat menambah berat badan secara drastis ? apakah hal tersebut benar ? belum tentu. Alpukat sangat cepat mengenyangkan yang berarti membuat tubuh anda lebih kenyang hingga dalam konsumsi makanan utama lebih sedikit. Lalu bagaimana tipsnya untuk diet.
  1. Konsumsi alpukat sebelum makan
  2. Lakukan secara rutin, pagi, siang, malam, sebelum makan 
  3. Jangan campurkan dengan gula berlebihan
  4. Jangan jampurkan dengan susu.
  5. Makan langsung tanpa jus akan sangat membantu
Nah, jadi konsumsi alpukat di bandingkan dengan makanan utama tentu akan berdampak pada diet yang optimal. Selain itu, alpukat lebih mudah di cerna dalam tubuh.

Referensi :
http://manfaat.co.id/
http://www.manfaatbuahdaun.com/
http://www.alodokter.com

Artikel Terkait

Umum 8031778094233288556

Posting Komentar

emo-but-icon

Media Sosial

Paling dibaca

Sponsor

Text Widget

Connect Us

item