Khasiat Buah Bengkoang Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

catatanbudheagus.blogspot.com - Bengkuang yang menyegarkan dan tinggi air ini kaya akan berbagai nutrisi dan memiliki banyak manfaat bag...

catatanbudheagus.blogspot.com - Bengkuang yang menyegarkan dan tinggi air ini kaya akan berbagai nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Vitamin yang paling tinggi Bengkuang adalah vitamin C, sedangkan kandungan mineralnya adalah fosfor, besi, kalsium dan lain-lain. Karena kandungan air yang tinggi, bengkuang dapat menyegarkan tubuh dan meningkatkan cairan dalam tubuh. 

Bengkuang juga dianggap dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Bengkuang biasanya juga digunakan dalam produk kecantikan, lulur, sabun wajah, pelembab, dan lotion, karena memiliki efek melembabkan dan mendinginkan. Advertisement Dalam sebuah penelitian, Bengkuang ditemukan mengandung vitamin C, flavonoid, dan saponin yang merupakan antioksidan yang mencegah kerusakan kulit kartena radikal bebas. Sementara itu Zat fenolik dalam umbi bengkuang cukup efektif menghambat pembentukan melanin, sehingga perubahan warna kulit akibat hormon, sinar matahari, dan bekas jerawat dapat dicegah atau dikurangi.

Bengkuang secara alami tinggi serat, sementara itu serat penting untuk diet sehat dan dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah, mencegah dan meringankan sembelit. Namun terlalu banyak serat dalam waktu yang cepat dapat menyebabkan efek samping pencernaan. Hal ini secara khusus dapat menyebabkan sakit perut dan sembelit, jika tiba-tiba meningkatkan asupan serat dalam makanan. Untuk mengurangi kemungkinan ini terjadi, terutama jika diet pada awalnya rendah serat, lakukan secara bertahap untuk meningkatkan asupan serat. Melunakkan serat makanan dengan memasaknya, akan membuat serat lebih mudah dicerna.

Kandungan Gizi Yang Terdapat Dalam Bengkoang

Dalam penelitian terhadap 100 gr bengkoang mengandung kandungan gizi sebagai berikut :
  1. Vitamin B1 = 0,04 mg
  2. Vitamin C = 20 mg
  3. Energi = 55 kkal
  4. Zat Besi = 1 mg
  5. Protein = 1,4 gr
  6. Lemak = 0,2 gr
  7. Karbohidrat = 12,8 gr
  8. Kalsium = 15 mg
  9. Fosfor = 18 mg

Berikut ini beberapa manfaat bengkoang dalam kandungan gizinya :

  • Bengkuang merupakan salah satu sayuran dengan kandungan kalori yang sangat rendah, hanya mmeiliki 35 kalori per 100 g. Namun, phyto-nutrisi yang berkualitas tinggi, terdiri dari serat makanan, dan anti oksidan dan sejumlah mineral, dan vitamin.
  • Bengkuang adalah salah satu sumber serat terbaik, khususnya sumber yang sangat baik dari inulin oligofructose, serat makanan larut. Bengkoang menyediakan 4,9 mg atau 13% serat. Inulin merupakan karbohidrat lembam manis namun nol kalori. Bengkoang bertindak pada metabolisme di dalam tubuh manusia yang ideal bagi penderita diabetes.
  • Seperti dalam lobak, umbi yang segar ini juga kaya vitamin C; menyediakan sekitar 20,2 mg atau 34% dari rekomendasi harian vitamin C per 100 g. Manfaat vitamin C yang larut dalam air menjadi anti oksidan yang kuat untuk membantu tubuh mencegah radikal bebas berbahaya, sehingga menawarkan perlindungan dari kanker, peradangan, virus batuk dan dingin.
  • Bengkoang juga mengandung sejumlah kelompok vitamin B kompleks yang berharga seperti folat, riboflavin, piridoksin, asam pantotenat, dan thiamin.
  • Umbi bengkoang juga memberikan sejumlah mineral sehat yang penting seperti magnesium, tembaga, zat besi dan mangan.
  • Bengkuang menyediakan sekitar 16 persen dari kebutuhan asam folat harian. 1 cangkir bengkoang, merupakan sumber yang cukup baik dari kalium menawarkan 195 miligram, dari jumlah yang sama seperti yang di dapatkan dalam buah persik,. Kalium adalah zat penting untuk keseimbangan cairan dan mengontrol tekanan darah.

Manfaat Bengkoang Bagi Kesehatan

1. Bengkoang dapat mengurangi produksi asam lambung

Bengkoang mempunyai sifat alkali yang berfungsi sebagai pendingin atau penyerap asam lambung dengan cepat.

2. Benkoang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes / kencing manis

kandungan inulin yang terdapat dalam bengkoanglah yang membuat bengkoang terasa manis. Inulin tidak dapat dicerna oleh enzim dalam usus manusia sehingga mampu menjaga kadar gula dalam tubuh agar tetap normal meskipun rasanya manis.

3. Bengkoang dapat mengobati sariawan dan sebagai antioksidan

Kandungan vitamin C dalam bengkoang sangat baik untuk antioksidan maupun sebagai obat sariawan. Selain itu bengkoang juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah anda.

4. Bengkoang dapat memperlancar pencernaan

Inulin dalam bengkoang mempunyai sifat sebagai serat makanan, sifat ini berpengaruh pada fungsi usus dan perbaikan parameter dalam darah. Sehingga bengkoang sangat baik untuk memperlancar pencernaan.

5. Bengkoang dapat menyehatkan tulang dan gigi

Kandungan fosfor dan kalsium dalam bengkoang sangat baik utnuk pertumbuhan tulang dan gigi.

6. Bengkoang dapat mengurangi efek menopause (kerutan / keriput)

Untuk mengurangi kemungkinan terkena efek menopause tubuh membutuhkan fitoestrogen, dan fitoestrogen ada dalam bengkoang. Mengkonsumsi fitoestrogen yang cukup akan membuat kulit anda tetap sehat dan segar.

7. Bengkoang dapat mengobati beri-beri

Kandungan vitamin B1 pada bengkoang dapat mencegah penyakti Beri-beri.

8. Masker Bengkoang dapat menghilangkan noda hitam dan flek pada wajah

Bengkoang dapat menghilangkan noda hitam / flek pada wajah anda.  Untuk penggunaannya cukup parut bengkoang dan haluskan kemudian dijadikan masker.

9. Bengkoang dapat memperlancar ASI

Dan manfaat terbaru Bengkoang yang di temukan oleh pemuda dari daerah Nganjuk yang bernama Nur Alim. ketika itu salah salah satu keponakannya yang seusai melahirkan namun  ASI tidak dapat keluar sudah berbagai cara telah dilakukan dari meminum obat-obatan dan segala macam alternatif. Nur Alim akhirnya mencoba memberikan Bengkong kepada keponakanya Wallahu Alam seketika itu ASI dari keponakanya itu keluar Ibarat air keran yang mengucur deras. yang mana Bengkoang juga dapat menyuburkan ASI pada Ibu.

Referensi :
http://buahan-sehat.blogspot.co.id/
http://manfaat.co.id/
http://www.carakhasiatmanfaat.com/

Artikel Terkait

Umum 6153028637421444407

Posting Komentar

emo-but-icon

Media Sosial

Paling dibaca

Sponsor

Text Widget

Connect Us

item